Diterjang Banjir, Akses Jalan Parindu Menuju Meliau Putus

Sanggau, thetanjungpuratimes.com- Diterjang banjir, akibat diguyur hujan sejak beberapa hari lalu, akses jalan dari Kecamatan Parindu menuju Kecamatan Meliau nyaris lumpuh.

Hampir lumpuhnya akses jalan ini, dikarenakan meluapnya Sungai Ensabal yang terletak sekitar dua kilometer dari kota Bodok dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Kusnadi, salah seorang warga Dusun Bali, Desa Sebarra, Kecamatan Parindu mengatakan, air yang menggenangi akses jalan dan jembatan Ensabal itu terjadi sewaktu-waktu, jika di wilayah perhuluan sungai itu diguyur hujan. Sehingga memicu air sungai itu naik dan meluap.

Untuk saat ini, kata dia ruas jalan yang digenangi air mencapai lima ratus meter dengan ketinggian mencapai satu meter.

“Ini bisa terjadi sewaktu-waktu. Jika hujan deras di hulu, dipastikan sini banjir,” ungkapnya.

Saat ini, bagi warga yang mengendarai sepeda motor, terpaksa membayar jasa tukang panggul sepeda motor untuk melewati jalan yang terendam air tersebut.

Kusnadi berharap, ada upaya dari pemerintah untuk melaksanakan normalisasi aliran sungai tersebut. Sebab dengan kondisi demikian, jelas mereka selaku warga merasa susah.

Sebab, kondisi sungai Ensabal ini merupakan salah satu sungai yang dijadikan saluran pembuangan air dari kawasan-kawasan lain seperti Desa Sebarra, jika terjadi hujan lebat di wilayah lain, maka air akan mengalir ke sungai tersebut.

“Wilayah Dusun Bali juga, menjadi langganan terendam, jika air sungai Ensabal itu meluap. Namun tak berlangsung lama, selang beberapa jam sudah surut kembali, akan tetapi debit air di kolong rumah warga masih tinggi,” pungkasnya.

(muhammad/Dede)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *