BPBD Kabupaten Sanggau Gelar Fasilitasi Pokmas Bencana Alam


Badan Penanggunlangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau menggelar kegiatan fasilitasi pembentukan kelompok masyarakat peduli bencana yang diselenggarakan di aula hotel Syafira Sanggau, Rabu (19/4/2017).
Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sanggau Hendra Pahlevi menyampaikan, kegiatan ini diikuti sekitar 40 peserta yang merupakan perwakilan tokoh pemuda, perangkat Desa Semayam, Kecamatan Meliau dan Desa Bonti Kecamatan Bonti, ditambah unsur Manggala Agni, Tagana dan LSM.
“Tujuan kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok masyarakat yang mandiri dalam penanganan dan resiko baik sebelum maupun sesudah bencana,” katanya.
Dikatakanya, kegiatan ini yang perdana dilakukan, tahun ini ada dua Desa yaitu Desa Semayam Kecamatan Meliau dan Desa Bonti Kecamatan Bonti.
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalbar, Suwarno mengatakan, keterlibatan anggota kelompok masyarakat diperlukan dalam rangka membantu pemerintah daerah terutama dalam hal memberi informasi dan melaporkan kejadian bencana dan melakukan pertolongan dan penyelamatan dini apabila terjadi bencana.
“BPBD Provinsi mendukung penuh kegiatan ini untuk membentuk kelompok masyarakat khususnya didaerah berpotensi terjadi bencana. Ini pembentukan kelompok masyarakat yang merupakan relawan peduli bencana,” katanya.
Sementara itu, Bupati Sanggau yang diwakili staf ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM, H M Syafarani Mastar menyampaikan, bencana alam bukan hanya sekedar gampa bumi, tsunami, gunung meletus ataupun tanah longsor, namun mencakup banyak hal yang disebut bencana alam.
“Kabupaten Sanggau khususnya merupakan wilayah yang cukup rawan terkena bencana alam berupa kebakaran hutan dan lahan, banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, ” katanya.
Hal ini, lanjutnya, dikarenakan mayoritas pemukiman masyarakat berada ditepian sungai dan pegunungan. Menyikapi berbagai bencana alam tersebut, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah dan menjaga alam ini secara bersama-sama.
“Atas dasar inilah maka dibentuk kelompok masyarakat peduli bencana yang kemudian akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran dalam diri masyarakat di Kabupaten Sanggau sehingga tercapainya kehidupan masyarakat yang mandiri, efektif , sejahtera dan bahagia untuk lebih peduli dan peka terhadap bencana yang terjadi disekitar kita,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara yang juga Kepala BPBD Sanggau, Vicky Ludovicus, ST, MT menyampaikan, tujuan dilaksanakanya kegiatan ini untuk memberikan pembinaan serta pelatihan kepada masyarakat agar cepat, tanggap darurat terhadap bencana yang terjadi di wlayah desa serta terbangunnya kesadaran masyarakat terhadap penanganan bencana.
“Saya mengajak seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, mengikuti betul seluruh kegiatan dengan sebaik-baiknya. Kemampuan anda dalam menangani bencana kunci penyelamatan terhadap korban bencana. Jadi jangan disia-sia kan,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.